Rabu, 25 Juli 2012

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Pada postig kali ini mari kita gali tentang tips makan sehat saat lebaran!

Lebaran nan fitri sebentar lagi (tentunya saat artikel ini dibuat ya). Sudah maklum dan umum, banyak orang yang melampiaskan nafsu makannya saat lebaran tiba. Mentang-mentag sudah menjalankan puasa secara penuh, lalu makan sepuasnya. Akibatnya, perut akan shock menerima perlakuan yang demikian.

So, apa yang harus kita persiapkan agar kondisi badan tetap fit saat lebaran nanti? Nah, menu makanan dan
pola makan kita harus senantiasa dijaga agar pada saat lebaran nanti kita tidak sakit akibat kelalaian kita sendiri. Berikut adalah tipsnya:

1.Minumlah air kelapa karena air kelapa mempunyai manfaat di antaranya:
- sebagai Diuretik alami
Diuretik adalah zat yang berfungsi mempercepat pembentukan urin melalui kerja langsung pada ginjal. Sehingga, racun yang ada dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui urin. Tentunya, hal ini sangat berguna bagi kita, karena saat lebaran sebagian dari kita makan makanan yang tidak sehat seperti makanan dan minuman yang banyak mengandung zat pewarna dan bahan pengawet. Bahkan, mengkonsumsi air kelapa secara rutin juga bermanfaat untuk mengobati penyakit batu ginjal, karena dapat memecah batu ginjal serta dapat membersihkan saluran pencernaan.
-Anti Penyakit
Kandungan asam lauric pada air kelapa berfungsi sebagai anti viru, anti bakteri, dan anti jamur.
- Cairan Elektrolit Alami
Air kelapa dapat berperan sebagai isotonik alami (tekanannya sama dengan tekanan sel tubuh). Kandungan elektrolitnya juga sama dengan kandungan elektrolit tubuh kita seperti: Kalsium, klorida, sodium, magnesium, potasium, dan riboflavin.Sehingga, air kelapa sangat berguna untuk rehidrasi ( pengganti cairan tubuh) dan pemulih stamina tubuh setelah menjalankan puasa selama 1 bulan.

2..Makan dan minumlah dengan komposisi gizi yang seimbang atau tidak berlebihan. Dengan mengkonsumsi karbohidrat ( nasi dsb), kurangi makanan berlemak (misal: makanan berlemak), kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti kebanyakan kue manis saat lebaran.

3.Pililihlan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan.

Demikian tips makan sehat saat lebaran. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling mengisi agar hidup lebih berarti! So,berkomentarlah dengan bijaksana!