Jumat, 03 Agustus 2012

Jual Beli Online

Seiring dengan booming nya internet sebagai salah satu fasilitas modern, banyak terdapat situs jual beli online. Adapun keuntungan dan kerugian jual beli online adalah:
Bagi penjual, pembuatan toko online sangat menghemat dana dalam hal tidak perlunya membuat gedung atau tempat penjualan. Dengan adanya situs online yang dikelola sudah cukup mereprentasikan toko dalam bentuk nyata. Penjual hanya perlu fokus
pada penyediaan barang-barang dan pemasaran barang-barang tersebut secara online. Penjual juga tidak membutuhkan karyawan dalam jumlah yang banyak, karena penjualan secara online hanya mengharuskan penyedia barang agar senantiasa mengecek segala permintaan barang melalui komputer, sedangkan pendistribusian barang dapat dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman barang yang banyak tersedia saat ini dengan tingkat kepercayaan yang tinggi pula. Namun, sulitnya mendapat kepercayaan masyarakat atau calon pembeli menjadi salah satu kendala atau kekurangan bisnis ini. Banyak dari calon pelanggan yang masih kurang percaya dengan situs-situs penjualan online karena mereka belum mengenal toko online tersebut. Inilah yang menjadi tantangan bagi penyedia barang secara online. Memdapatkan dan mempertahankan kepercayaan calon pembeli atau orang yang telah menjadi pelanggan adalah kuncinya. Tentunya, ini juga berkaitan dengan kredibilitas toko online tersebut. Jika pengelola online store tersebut dapat menyediakan barang sesuai dengan keinginan pembeli (barang yang diiklankan sama dengan barang asli), pengiriman yang tepat waktu, dan tanggung jawab terhadap resiko rusaknya barang (misal), maka kredibilitas dan citra toko online tersebut akan terangkat. Dengan demikian tingkat kepercayaan para pembeli akan semakin tinggi. Sebagaimana bisnis lain, kepercayaan bagaikan berlian yang justru bernilai lebih berharga dari pada keuntungan berbisnis online itu sendiri.

Bagi pembeli, adanya toko online memberikan keuntungan di antaranya: Dapat memilih barang dengan ketersediaan yang ada. Transaksi dapat melampaui batas negara, karena barang yang pembeli inginkan dapat disediakan oleh penjual dari luar negeri. Namun, beberapa kerugian dari pembelian secara online juga ada, seperti: Barang yang disediakan tidak dapat dilihat secara langsung. Sehingga, kekhawatiran akan kualitas dan kesesuaian produk dengan keinginan pembeli sering terjadi. Belum lagi, tentang ada atau tidaknya kerusakan barang yang terjadi saat pengiriman.

Dengan kekurangan dan kelebihannya apakah toko online layak dipercaya? Trend masa kini yang membuktikan semakin berjayanya situs toko online mengisyaratkan akan dapat dipercayanya toko-toko online. So, bagi anda para calon pembeli, jangan khawatir! Banyak penyedia barang secara online benar-benar melayani para pembelinya. Untuk melihat salah satu contoh situs jual beli online Indonesia, silahkan kunjungi link ini.

Nah, untuk melengkapi penjelasan di atas, berikut adalah tips sebelum membeli barang secara online:
  1. Lihatlah domain situs online tersebut. Yakni, dengan melihat domain yang dipakai apakah gratisan atau berbayar. Contoh domain gratisan: weebly.com.blogspot.com, dan wordpress.com. Sedangkan contoh domain berbayar adalah .org,.com, .co.id, dsb. Kredibilitas toko online dapat dilihat dari domain tersebut. Jika penyedia toko online menggunakan domain gratisan, lebih baik anda menghindari untuk melakukan pembelian. Tingkat kepercayaan yang tinggi biasanya terdapat pada toko online dengan domain .co.id dan .com.
  2. Carilah informasi secara online pula. Bagi anda yang awam dengan internet, cukup ketikkan pada google tentang keadaan yang ingin anda ketahui tentang situs online tersebut apakah banyak terjadi keluhan dari pembeli atau tidak. Situs yang tidak dipercaya biasanya banyak dikomentari negatif pada berbagai forum di internet.
Sekali lagi, trend menunjukkan bahwa jual beli online mendapatkan banyak kepercayaan dari masyarakat. So, Don't worry! 
Semoga posting ini bermanfaat. Amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling mengisi agar hidup lebih berarti! So,berkomentarlah dengan bijaksana!