Senin, 30 Juli 2012

MANFAAT PUASA

Menahan lapar dan dahaga saat puasa bukanlan sebuah penyiksaan. Mungkin itulah sebuah prinsip yang harus ditanamkan pada setiap orang yang menjalankannya, karena memang puasa telah diteliti memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Di antara manfaat puasa adalah:
Pertama, puasa bermanfaat sebagai salah satu cara diet alami sekaligus untuk memberikan waktu bagi organ-organ pencernaan beristirahat.
Kedua, puasa bermanfaat menstimulus organ-organ tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh secara alami.Racun yang terkandung di dalam makanan akan dipilah atau diproses oleh organ- organ detoks, yaitu: hati, usus besar, dan ginjal. Sehingga, proses detoksifikasi akan berjalan secara lebih natural. Beberapa contoh makanan yang dapat mengoptimalkan detoksifikasi adalah jahe (dapat merangsang kinerja empedu), nanas (dapat melancarkan pencernaan), dan pisang yang mengandung vitamin B6 sebagai kunci detoksifikasi.
Manfaat puasa yang ketiga, yakni meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, karena puasa menyebabkan jumlah sel darah putih meningkat.
Kelima, puasa meningkatkan kemampuan sel netrofil atau sel penetral terhadap racun dan bakteri, sehingga dapat meredakan penyakit seperti radang sendi atau arthritis.
Keenam, puasa menyebabkan penyerapan nutrisi oleh tubuh lebih efektif. Adanya peningkatan hormon adiponectin menyebabkan otot-otot dapat menyerap nutrisi lebih cepat. Hormon adiponectin adalah suatu protein yang berasal dari jaringan lemak dan berperan penting untuk menjaga keseimbangan gula dan lemak di dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling mengisi agar hidup lebih berarti! So,berkomentarlah dengan bijaksana!