Rabu, 20 Juni 2012

Tips Sehat Bugar Berpuasa

Tips Sehat Bugar Berpuasa
Banyak pakar kesehatan mengakui manfaat dari ibadah puasa bagi kesehatan tubuh tetapi dengan tips-tips khusus seperti berikut ini:

Tips sehat bugar berpuasa yang pertama adalah Memperbanyak minum pada malam hari pada bulan puasa. Hal itu karena tubuh lebih rentan terhadap kekurangan air dari pada kekurangan makanan. Jadi, sangat dianjurkan setiap asupan nutrisi yang kita makan pada malam bulan puasa adalah makanan yang banyak mengandung air, seperti: makanan yang berkuah dan buah-buahan. Tentunya, tanpa kita mengurangi untuk meminum air putih atau minuman lain seperti susu dan sirup. Jika perlu, sedikit paksakan diri anda untuk meminum air putih yang banyak pada saat malam bulan puasa.

Tips sehat bugar berpuasa yang kedua, Berolah raga sebelum waktu berbuka juga merupakan kegiatan
positif yang dapat dilakukan saat puasa (sekitar 45-60 menit sebelum berbuka). Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, tapi cukup berolah raga ringan seperti: lari-lari kecil, jalan cepat, dan senam. Nah, begitu juga tarawih yang merupakan kegiatan ibadah yang dapat menjaga kebugaran tubuh kita. Jadi, seharusnya anda jangan menghilangkan kesempatan untuk bertarawih ya! He he….

Tips sehat bugar berpuasa yang ketiga, Tidak kalah pentingnya adalah berbuka dengan pola yang benar, yaitu dengan segera berbuka pada waktunya, awali dengan makan dan minum yang manis dengan porsi yang sedikit. Kemudian, dahulukan sholat sebelum melanjutkan mengkonsumsi makanan berat dengan porsi  secukupnya.

Nah, untuk Tips sehat bugar berpuasa yang keempat, pada saat sahur utamakan  untuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat menunda lapar karena dicerna lebih lambat. Berbeda dengan makanan manis yang cepat dicerna, sehingga orang yang berpuasa akan cepat lapar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling mengisi agar hidup lebih berarti! So,berkomentarlah dengan bijaksana!