Rabu, 29 Februari 2012

Khasiat Manfaat Kopi

Ngopi memang telah menjadi kebiasan bagi banyak orang. Nah, sudah tahukah anda tentang khasiat atau manfaat kopi? Kalau belum tahu, semoga posting berikut bermanfaat ya.

Setidaknya ada 5 manfaat kopi sebagai berikut:

khasiat manfaat kopi

1. Kopi berkhasiat mencegah penyakit jantung
Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menyebabkan resiko terkena stroke lebih rendah dari pada mereka yang tidak meminum kopi. Antioksidan tersebut juga berperan membantu menahan efek buruk dari peradangan arteri.

Berdasarkan penelitian, bagi peminum kopi 1-2 kali setiap harinya dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung atau stroke hingga 19 persen dibandingkan yang tidak meminum kopi.

Memang, ketika kita mengkonsumsi kopi jantung kita terasa berdebar-debar karena kopi meningkatkan tekanan darah dan denyu jantung. Namun, beberapa saat kemudian kopi dapat menyebabkan tekanan darah turun. Hal ini terjadi karena antioksidan yang terkandung di dalam kopi mengaktifkan asam nitrat yang menyebabkan pembulih darah melebar.

2.Kopi berkhasiat mencegah diabetes
Asam klorogenik yang terkandung di dalam kopi mampu mengurangi resistensi hormon insulin. Tentu anda sudah tahu bukan kalau diabetes berkaitan dengan kurang normalnya pengeluaran hormon insulin?

Anda dapat mengkonsumsi  3-4 cangkir kopi reguler atau decaf (dengan pengurangan kadar kafein) dapat menurunkan resiko diabetes hingga 30 persen.

3.Kopi bermanfaat menjaga Kesehatan hati
Antioksidak dan kafein yang terkandung di dalam kopi mampu menguranngi resiko sirosis dan penyakit hati lainnya. Berdasarkan penelitian, kopi dapat mengurangi resiko kangker hati sebanyak 43 persen.

4.Kopi bermanfaat meningkatkan kekuatan otak
Penyakit penurunan fungsi otak seperti alzheimer, demensia, dan parkinson  dapat ditangkal oleh antioksidan yang terkandung di dalam kopi. Antioksidantersebut dapat menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf otak bekerja lebih maksimal.

5.Kopi bermanfaat membantu menghilangkan sakit kepala
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi 200 gram kopi dapat membentu mengurangi sakit kepala. Para ahli yakin bahwa kopi dapat meningkatkan aktifitas otak.

Namun demikian, mengkonsumsi  kopi secara berlebihan atau tanpa aturan tertentu justru dapat menimbulkan penyakit seperti tekanan darah tinggi, bahkan dapat meningkatkan resiko kematian bayi bila dikonsumsi oleh wanita hamil. Jadi, dalam mengkonsumsi kopi jangan berlebihan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari saling mengisi agar hidup lebih berarti! So,berkomentarlah dengan bijaksana!